Search News

Recomended News

Jakarta, minutespost.com - Tanggal 2  Oktober  sudah erapa tahun ini, diperingati sebagai Hari Batik Nasional di Indonesia. Ini tak lain sejak  batik dikukuhkan oleh UNESCO sebagai warisan budaya di...
minutespost.com- Selama 6 tahun, Kristen Devanna terus-menerus mengalami demam, kulit pecah-pecah, dan kelelahan yang sangat parah sehingga dia perlu tidur kembali dalam waktu sejam setelah bangun...
minutespost.com- David Scott (49) dan Roger Wilkes (42), pria dewasa yang bertengkar hanya gara-gara rebutan Chiki. Padahal mereka adalah sahabat sedari kecil. Peristiwa ini pun bermula saat mereka...
Minutespost.com - Mengenalkan nama-nama tanaman pada anak sangat penting untuk memperluas wawasannya.Hal ini bisa dilakukan dengan cara yang sederhana dan menyenangkan. Karena caranys seperti...
Indonesian English

The current Bet365 opening offer for new customers is market-leading bet365 mobile app You can get a free bet right now when you open an account.

BMKG :Gempa 5,6 SR Guncang Yogyakarta

User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

minutespost.com - Telah rerjadi gempa berkekuatan 5,8 pada skala Richter di Gunungkidul, Yogyakarta. Gempa ini terjadi pada Rabu dini hari, 29 Agustus 2018, pukul 01.36 WIB.
"Pusat gempa di laut 112 kilometer barat daya Gunungkidul," tulis BMKG di akun Twitter-nya, Rabu 29 Agustus 2018.
Pusat gempa yang berada di laut itu bersumber dari kedalaman 10 kilometer. Koordinat titik gempa tepatnya berada di 8,97 Lintang Selatan dan 110,23 Bujur Timur. BMKG mengatakan gempa ini tak berpotensi tsunami.
Menurut BMKG gempa itu dirasakan dengan skala III Modified Mercalli Intensity (MMI) di Bantul. Skala III berarti getaran dirasakan nyata dalam rumah. Seperti kalau ada truk lewat.
Sedang di Yogyakarta, Karanganyar, dan Karangkates getaran gempa terukur pada skala II-III atau semakin lemah. Skala II MMI setara getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang. Selain itu skala I-II MMI juga dirasakan di Wonogiri, Banjarnegara, Purworejo, Trenggalek, serta Sawahan.
Getaran gempa terekam hingga di stasiun seismik Gunung Merapi tapi tidak memberi pengaruh terhadap aktivitas gunung itu. Info yang terakhir ini disampaikan lewat akun media sosial Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi.
Pada situs BMKG mencatat gempa berkekuatan sama, 5,8 Skala Richter juga terekam mengguncang dari kedalaman yang sama di 105 kilometer tenggara Kupang, Nusa Tenggara Timur, pada Selasa siang 28 Agustus 2018. Hanya beberapa menit sebelumnya gempa 6,2 Skala Richter dari kedalaman yang sama.


Reporter : Bintang / foto Antara

Most Viewed

WHAT’S HOT