Search News

Recomended News

minutespost.com-  Single lagu kolaborasi Agnez Mo dengan Chris Brown berjudul "Overdose"  memang sudah dijual terlebih dahulu secara pre-sale di Amerika, hari ini 20 Juli 2018. Namun lagunya baru akan...
minutespost.com - Sulung dari Pangeran William dan Kate Middleton yaitu Pangeran George baru saja merayakan ulang tahunnya yang kelima pada 21 Juli 2018. Pestanya diadakan di Pulau Karibia. Masih...
minutespost.com- Seorang laki-laki asal Florida, Amerika yang bernama Anthony Gignac, telah menemukan uang tunai di berbagai belahan dunia. Bagaimana cara menipunya? Nah, Anthony berpura-pura dan...
minutespost.com- Iis Dahlia tidak terima dikritik oleh Fatin Shidqia terkait aksi kurang pantas para juri yang dianggap lebih mementingkan penampilan peserta KDI 2018, daripada kualitasnya. Iis...
Indonesian English

The current Bet365 opening offer for new customers is market-leading bet365 mobile app You can get a free bet right now when you open an account.

Empat Cara Kontrol Nafsu Makan

User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

minutespost.com- Untuk menjaga bentuk tubuh ideal, Anda harus menjaga pola dan nafsu makan agar berat badan tidak naik. Nah, untuk itu, ada empat cara nih untuk mengontrol nafsu makan , ketika kita memang belum benar-benar merasa lapar.

1. Beri Jeda Sebelum Makan

"Ketika kita merasa ingin makan, cobalah berhenti pada saat itu juga. Beri jeda di antara rasa ingin makan dan benar-benar melahap makanan," saran May. Untuk ini, kuncinya adalah kesadaran. Di saat jeda tersebut, kita bisa mengetahui apakah rasa lapar yang kita rasakan ternyata hanya rasa bosan, lelah, stres, atau haus.

Lebih lanjut, May juga mengatakan sudah seharusnya tubuh manusia enggak makan setiap dua atau tiga jam sekali. Namun, membiarkan tubuh merasakan kelaparan hingga titik tertinggi juga sangat berbahaya bagi kondisi tubuh, karena menyebabkan rendahnya kadar gula darah yang justru memicu kita makan berlebihan.

2. Pahami Isyarat Saat Lapar

May merekomendasikan kita untuk meletakkan kepalan tangan di atas perut, tepat di bawah tulang dada untuk mengetahui isyarat rasa lapar secara benar. Pusatkan semua perhatian ke daerah tersebut. Gejala fisik lainnya adalah rasa pedih, dan terasa kosong pada bagian perut dan dada. Jika area tersebut terasa sangat penuh atau meregang, berarti tubuh kita benar-benar merasa lapar.

3. Pindai Tubuh, Pikiran dan Hati

May juga mengatakan bahwa kita dapat melihat ke tiga area yang berbeda untuk menentukan apakah kita perlu makan atau apakah hanya ingin makan. Disarankan untuk melakukan apa yang disebut pindai atau scan tubuh, pikiran dan hati.

Untuk tubuh, lakukan pemeriksaan dari bagian kepala sampai ujung kaki dan cari tahu sensasi yang ditimbulkan oleh tubuh kita saat lapar seperti ketegangan di area leher dan bahu yang diikuti rasa cemas dan stres. Untuk pikiran, jika produktivitas menurun dan kita bertanya-tanya makanan yang ada di kantin atau kita akan makan apa nanti, kita mungkin enggak lapar namun hanya bosan.
4. Pengalihan Kebutuhan

Jika kita yakin bahwa kita sesungguhnya enggak lapar, melangkahlah keluar kantor atau rumah untuk menghilangkan stres. Bisa juga pejamkan mata dengan berbaring walau hanya 20 menit, atau minum segelas air putih hangat untuk menghilangkan dahaga agar tubuh kembali fokus.

Untuk jantung, dengarkanlah emosi kita. Apakah kita merasa lelah karena bekerja dan tertekan saat waktu istirahat tiba. Kecemasan ternyata memicu rasa kelaparan yang akut, lho.
Reporter: Zacky

Most Viewed

WHAT’S HOT