Search News

Recomended News

Jakarta,minutespost.com - Presiden Joko Widodo pada Kamis, 22 November 2018, melantik Letnan Jenderal TNI Andika Perkasa sebagai Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD). Andika yang dilantik di Istana...
Bandung,minutespost.com - Presiden Joko Widodo pagi ini bertindak sebagai inspektur upacara pada Peringatan Hari Pahlawan Tahun 2018. Tahun ini, peringatan Hari Pahlawan secara nasional dipusatkan...
Minutespost.com - Presiden Joko Widodo pagi ini, Sabtu, 10 November 2018, bertolak menuju Kota Bandung dalam rangka kunjungan kerja selama dua hari di Provinsi Jawa Barat. Presiden beserta rombongan...
Samarinda,minutespost.com - Pemerintah tengah berupaya mencari solusi terbaik untuk mengatasi defisit anggaran yang dialami oleh BPJS Kesehatan. Hal itu disampaikan Presiden setelah peresmian...
More inThe President  
Indonesian English

The current Bet365 opening offer for new customers is market-leading bet365 mobile app You can get a free bet right now when you open an account.

16 TANAMAN BERKHASIAT UNTUK PENGOBATAN TRADISIONAL

User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

Jakarta,minutespost.com

Minuter,kita harus banyak bersyukur karena hidup di bumi pertiwi yang sangat subur.Di sekitar kita banyak tanaman obat yang berkhasiat menyembuhkan penyakit.Berikut 16 tumbuhan berkhasiat yang dipakai sebagai pengobatan tradisionil dari dulu hingga sekatang.Semoga tanaman obat dan khasiatnya ini bisa menjadi referensi bagi para minuter dalam mengobati penyakit.



1.Daun sambiloto


Pohon sambiloto populer bakal khasiatnya untuk menyembuhkan sakit batuk serta panas, terutama pada manfaat daun dari sambiloto. Daun dari pohon sambiloto mempunyai faedah yang baik dalam soal menyembuhkan serta mengusir penyakit batuk yang menyerang anda. Manfaat daun sambiloto dapat juga dipakai untuk turunkan desakan darah tinggi atau hipertensi.



Daun Sambiloto Pengusir batuk



Daun Sambiloto Pengusir Batuk

Untuk mengusir penyakit batuk dari tubuh, pakai saja manfaat dari daun sambiloto. Langkah memakai manfaat atau faedah dari daun pohon sambiloto yaitu :



Petik daun sambiloto kira2 5 – 7 lembar serta bersihkan bersih

Lantas anda seduh daun sambiloto itu dengan 1/2 cangkir air panas

Imbuhkan madu serta diaduk sampai rata (madu bikin rasa jadi manis)

Minum ramuantradisional itu 3 kali sehari

Ramuan di atas dapat juga igunakan untuk menyembuhkan penyakit desakan darah tinggi atau Hipertensi.



Pengusir batuk terkecuali daun sambiloto

Terkecuali pemakaikan manfaat daun pohon sambiloto, untuk mengusir batuk dengan cara alami atau tradisional dapat juga memakai manfaat daun sirih. Langkah memproses manfaat daun sirih untuk meredakan sakit batuk yaitu dengan bikin juice/jus daun sirih dengan satu gelas air sampai halus. Saring airnya, imbuhkan perasan air jeruk nipis. Lantas lalu anda Minum 3 kali satu hari. —



2.Daun Ginseng Jawa





Manfaat daun gingseng jawa selain digunakan sebagai pakan untuk kenari atau tumis ternyata sudah diakui dapat menangani sebagian type penyakit serta berguna untuk kesehatan. Ginseng Jawa mempunyai nama latin Talinum crassifolium serta umum juga dikatakan sebagai kolesom Jawa. Tanaman herbal ini adalah tanaman perdu yang tumbuh semi menyebar serta meraih ketinggian sampai 60 cm. Daunnya yang berwarna hijau mengkilat berupa oval. Ginseng Jawa berbunga majemuk, serta berwarna merah muda.



Tanaman perdu ini sangatlah gampang di kembangkan, dapat ditanam dengan stek batang ataupun bijinya. Tanaman ini dapat sangatlah bagus bila dipakai juga sebagai tanaman hias lantaran mempunyai daun serta warna bunga yang menarik. Serta yang lebih menarik lagi, semua sisi dari tanaman dapat dikonsumsi serta digunakan dari mulai akar, batang sampai daunnya. Umbi ginseng jawa bisa dipakai juga sebagai ramuan obat lewat cara mengeringkannya serta daunnya bisa jadikan sayuran. Orang-orang banyak yang mengonsumsinya lantaran diakui bisa tingkatkan stamina badan, hingga badan bakal merasa lebih fresh. Serta yang butuh di perhatikan dalam sistem masak sayuran daun ginseng ini sebaiknya menggunakan api yang besar serta cepat lantaran apabila terlampau lama memasaknya, jadi warnanya bakal beralih jadi hitam.



Dalam daun ginseng jawa terdapat vitamin A, banyak mineral utama, serta kaya serat. Akar ginseng jawa telah di ketahui memiliki kandungan zat aktif, salah satunya yaitu saponin, tannin serta flavonoid.



Faedah Daun Gingseng Jawa



Daun ginseng bermanfaat untuk memperkuat paru-paru, serta zat afrodisiak yang terdapat dalam daun ginseng adalah zat kimia yang berperan untuk merangsang daya seksual. Diluar itu daun ginseng berguna juga untuk tingkatkan nafsu makan, menyembuhkan sakit maag, beri kesegaran kembali muka yang tampak letih, bisa tingkatkan produksi ASI, menyehatkan paru-paru serta dapatlah jadikan juga sebagai obat bisul. —



3.DAUN SAGA


Informasi perihal manfaat daun saga untuk kesehatan. Tanaman saga tumbuh liar dipekarang rumah rumah warga, walau termasuk tanaman liar nyatanya daun dari tanaman ini mempunyai sangat banyak manfaat yang baik untuk kesehatan. Tersebut himpunan manfaat daun saga untuk kesehatan serta obat.



Manfaat daun saga untuk bayi

manfaat daun saga untuk bayiDaun saga bisa bermanfaat juga sebagai pereda batuk pada bayi, manfaat daun saga dapat juga bikin bayi tidur lebih pulas serta tak rewel.



Manfaat daun saga untuk batuk yaitu juga sebagai obat herbal untuk batuk kering, langkah bikin ramuannya seperti berikut : Siapkan sebagian gr daun saga, daging buah pace yang mateng, serta daun po’o. Tumbuk sampai halus lalu direbus memakai 4 gelas air. Saring serta minum airnya.



Obat herbal daun saga dapat pula untuk menyembuhkan sakit seperti amandel, langkah mengolahnya seperti berikut : itu lalu di saringlalu diminum sampai habis.



Faedah tanaman saga dapat juga di proses jadi obat hipertensi atau darah tinggi. Untuk langkah memproses seperti berikut : Siapkan sebagian genggam daun saga, daun kaki kuda, daun selamagi, buah waluh putih, serta daun kejibaling. Rebus dengan 4 gelas air sampai tersisa 2 gelas. Kemudian disaring untuk diminum airnya.



Dalam beragam panduan manfaat daun saga mengatakan bahwa daun saga mesti dijauhkan dari bijinya lantaran biji saga memiliki kandungan zat toksin yang dimaksud abrin, hingga tidak bisa digunakan untuk pembibitan.



Intinya manfaat daun saga yaitu juga sebagai obat sariawan yang sangatlah ampuh, kandungan vitamin C yang tinggi dan rasa daunnya yang agak manis membuatnya mudah dikunyah-kunyah juga sebagai obat sariwan herbal/alami. Namun saat sebelum dikunyah berharap daun saganya dicuci bersih dulu untuk buang kotoran serta ulat yang ada.



Manfaat daun saga untuk jantung

Juga sebagai obat herbal, daun saga juga aman untuk meredakan jantung berdebar kencang. Manfaat daun saga untuk jantung berdebar serta keringat dingin dapat didapat lewat cara mengolahnya seperti berikut : Siapkan 8 gr daun saga manis serta 10 gr daun sembung. Imbuhkan 5 gr kencur lantas rebus dengan 400 ml air. Lantas minum air rebusan itu.



Tersebut sebagian artikel manfaat daun saga baik untuk kesehatan serta juga sebagai obat penyakit. Mudah-mudahan bisa jadi faedah untuk pembaca setia manfaat buah serta sayur —

4.Daun Kumis Kucing Daun Kumis Kucing (Orthosiphon Aristatus)




Tanaman ini memiliki ciri semak pendek dengan batang yang agak berkayu dan berbulu halus. Daunnya berbentuk bundar, sedikit lonjong dan memanjang. Tepi daunnya bergerigi dan berbulu halus, ujung dan pangkalnya meruncing.



Khasiat dan manfaatnya untuk mengobati infeksi kandung kemih, kencing batu, encok, bengkak kandung kemih, infeksi saluran kencing dan keputihan.

 5.Khasiat Daun Pegagan

Daun Pegagan (Centella asiatica)





Tanaman ini lebih dikenal dengan nama daun kaki kuda dan Antanan. Pegagan tumbuh liar di perkebunan, pematang sawah, ladang dan tepian jalan. Masyarakat Jawa Barat biasa memanfaatkan tanaman ini untuk lalapan.



Pegagan mengandung beberapa senyawa seperti isothankuniside, thankuniside, asiaticoside, madasiatic acid, brahminoside, brahmic acid, brahmoside, madecassoside, vellarine, hydrocotylin, carotenoids, centelloside, meso-inositol, serta garam-garam mineral seperti kalsium, magnesium, natrium, kalium dan besi.



Daun pegagan bisa digunakan untuk obat kulit (koloid), memperbaiki peredaran darah dan gangguan saraf. Berdasarkan penelitian di RSU Dr. Soetomo, daun pegagan bisa dipakai untuk menurunkan tekanan darah, dan penurunannya tidak terlalu drastis, sehingga cocok untuk penderita yang berusia sudah lanjut.


6.Daun Kemuning





Kemuning (Murrayae paniculata)



Kemuning mengandung beberapa senyawa dari golongan kumarin yang berhasil diisolasi seperti pranferin, murrangatin, murralonginal, isopropylidene dan murrmeranzin.



Daun kemuning bisa digunakan untuk mengobati diare, sakit gigi, datang haid tidak teratur, radang buah zakar, infeksi saluran kencing, pelangsing tubuh, disentri dll.



Untuk mengobati infeksi saluran kencing, siapkan daun kemuning segar sekira 35 gram dicuci bersih lalu tambahkan 3 gelas air. Rebus sampai tersisa air setengahnya. Setelah dingin, daunnya disaring dan bisa diminum 3 kali dalam sehari.

7.Daun Jintan Hitam





Tanaman Herbal Jintan Hitam (Nigella sativa)



Jintan hitam atau lebih dikenal dengan habbatussauda merupakan tanaman obat tradisional yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW.



Jintan hitam sudah digunakan sebagai tanaman obat tradisional sejak 2000-3000 tahun sebelum Masehi. Sudah banyak para ahli dalam bidang pengobatan yang meneliti manfaat dari jintan hitam ini.



Beberapa manfaat utama dari jintan hitam yaitu untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh, meningkatkan fungsi otak, menyembuhkan berbagai jenis penyakit pernapasan, mengatasi gangguan tidur dan stress dan sebagai obat anialergi & antihistamin.



Sekarang ini kita bisa menemui beragam produk olahan dari jintan hitam, mulai dari madu, serbuk, pil dll.



Jika kamu tertarik untuk merasakan manfaat dari jintan hitam, kamu bisa membeli produk seperti Habbatussauda.



8.Daun Turi


Faedah daun turi yang alami ini pasti dapat kita pakai juga sebagai obat herbal. Turi dengan nama latin Sesbania grandiflora yaitu tanaman dengan sejuta manfaat. Disangka turi datang dari Asia Tenggara serta Asia Selatan., tetapi saat ini telah menyebar ke beragam darah tropis didunia. Turi adalah pohon kecil anggota suku Fabaceae yang menyebar di India Timur hingga Australia. Di Indonesia, pohonnya ditanam juga sebagai tumbuhan pelindung di sawah-sawah atau tanaman hias di halaman rumah.



Turi memiliki daun penumpu selama 0, 5 – 1 cm dengan daun majemuk serta menyebar. Panjang daun seputar 20-30 cm. Anak-anak daunnya jorong memanjang, menyirip genap serta rata. Tangkainya pendek serta di tiap-tiap tangkai diisi 20-40 gunakan anak daun. Daunnya juga digunakan untuk pakan ternak serta pupuk.



Kandungan Daun Turi



Terdaftar banyak yang memberikan bahwa turi adalah hijauan yang memiliki nutrisi tinggi serta disenangi oleh ruminansia (hewan pemamah biak). Tiap-tiap 100 gr berat kering, daun ini memiliki kandungan seputar 36% protein kasar serta 9600 IU vitamin A. Konsentrasi N pada dedaunan itu seputar 3, 0–5, 5%, serta lebih tinggi lagi pada biji, yaitu sampai 6, 5%. Ketecernaan dedaunan itu sekitar pada 65–73%, dengan kandungan serat kasar yang rendah (5–18%). Meskipun tanaman turi di ketahui memiliki kandungan saponin serta tannin, selama ini tak ada reaksi toksik yang berlangsung pada ruminansia. Namun butuh di perhatikan pakan ini berbentuk mematikan pada ayam lantaran cuma berperut tunggal (monogastrik).



Dari sebagian kandungan tersebut, bikin terkecuali bunganya namun daunnya dapat juga dipakai juga sebagai bahan untuk menyembuhkan penyakit serta tingkatkan kesehatan badan. Di bawah ini sedetailnya perihal penuturannya :



Demam nifas



Giling 1/3 genggam daun yang telah dibikin bersih, imbuhkan ¾ cangkir air minum serta sedikit garam. Diperas serta disaring, lantas bisa diminum.



Penambah ASI



Ambillah daun turi muda seperlunya, lantas dikukus. Dikonsumsi juga sebagai lalapan masak. Dapat pula mengonsumsi bunga turi yang telah di masak terlebih dulu.



Obat batuk



Siapkan daun turi merah serta daun inggu semasing 1 genggam lalu tumbuk sampai halus, imbuhkan air perasan suatu jeruk pecel. Aduk, setelah itu peras serta disaring, lantas silakan Anda minum.



Keputihan



Ambillah segenggam daun turi putih serta kunyit sebesar ibu jari dicuci lalu giling sampai halus. Imbuhkan ¾ gelas air minum, diaduk, diperas, serta disaring, lantas minum air perasan tadi 2 kali satu hari.



Kuku bengkak disebabkan tersandung maupun terserang pukulan



Ambillah daun seperlunya lantas ditumbuk sampai halus. Tempelkan di atas kuku yang sakit serta kulit sekitarnya, lalut dibalut dengan kain kasa atau sejenisnya. Ubah 2-3 kali dalam satu hari.



Radang tenggorokan



Rebus segenggam daun turi merah dengan air bersih seperlunya, lantas saring. Jika telah dingin, air rebusan tadi pakai untuk berkumur. Kerjakan kumur-kumur 4 kali satu hari.



Sariawan & sakit tenggorokan



Ambillah daun seperlunya, bersihkan bersih lantas diremas-remas dalam wadah yang telah ditambah air masak. Pakai untuk berkumur di tenggorokan atau gargle. —

9.Daun Pepaya



MENAKJUBKAN ! Inilah Manfaat Sakti Daun Pepaya Untuk Kesehatan Kita



Anda tentu sudah tidak asing lagi dengan pepaya. Boleh dibilang, pepaya merupakan tanaman tropis yang banyak tumbuh di Indonesia. Anda bisa menemukan tanaman pepaya di mana-mana.



Pepaya merupakan buah dan tanaman yang serbaguna dan bisa dimakan baik matang ataupun mentah. Selain itu, menariknya tanaman ini, tidak hanya buahnya saja yang dapat dikonsumsi, tetapi daun dan akarnya pun bisa Anda konsumsi.



Selama ini pepaya, baik buah, akar maupun daunnya mungkin hanya dimanfaatkan sebagai bahan makanan, padahal pepaya juga memiliki banyak manfaat sebagai obat untuk menangkal beberapa penyakit.



Nah, berikut manfaat lain dari daun papaya yang dipercaya dapat mengobati beberapa penyakit. Di antaranya:



1. Kanker



penyakit ini menjadi ancaman serius dan sangat menakutkan saat ini. Penderita kanker terus bertambah di dunia, termasuk di Indonesia. Data WHO menyebutkan setiap tahun penderita kanker bertambah 6,25 juta orang. Selanjutnya diperkirakan 9 juta orang akan meninggal karena kanker dalam kurun waktu 10 tahun mendatang.

Untuk mengindari bahaya kanker, mulailah menerapkan pola hidup sehat dan mengonsumsi sayur-sayuran, terutama daun pepaya. Pasalnya, daun pepaya yang dibuat menjadi minuman teh terbukti sangat efektif sebagai pencegah dan pengobatan kanker.

Sebuah penelitian yang diterbitkan pada Februari 2010 dari Journal of Ethnopharmacology mengatakan bahwa teh daun pepaya dapat mengurangi peradangan dan dapat mengaktifkan sistem kekebalan tubuh terhadap sel kanker, mengahambat pertumbuhan sel tumor, serta memodulasi efek anti tumor.

Selain dapat mencegah kanker, teh daun papaya pun dapat mencegah berbagai penyakit termasuk alergi.



2. Maag



Penyakit ini bisa dibilang penyakit khas manusia modern. Betapa tidak, kesibukan yang padat dan pola makan yang tidak teratur, membuat kita rentan terserang maag.



Maka itu, untuk menangkal serangan maag, perbanyaklah konsumsi daun pepaya. Daun yang rasanya pahit ini menurut sebuah studi yang dimuat West Indian Medical Journal edisi September 2008, dapat mengurangi keparahan ulkus (tukak lambung) dan memiliki efek antioksidan.



Ekstrak daun papaya pun dapat menurunkan lipid yang teroksidasi serta meningkatkan antioksidan di dalam sel darah merah.



3. Pencernaan



Susah buang air besar atau sembelit? Makanlah daun pepaya. Enzim papain yang terdapat dalam daun papaya dapat membantu melancarkan pencernaan serta mengobati gangguan pencernaan.

Tidak hanya itu, teh daun papaya dapat mengurangisakit perut yang menimbulkan ketidaknyamanan dan penambah nafsu makan.



4. Antioksidan



Radikal bebas, seperti asap yang berasal dari knalpot kendaraan bermotor, debu, dan sebagainya adalah musuh dari kesehatan tubuh dan kecantikan kulit. Tapi tenang, Anda bisa menangkalnya dengan daun pepaya.



Sebuah penelitian menunjukan bahwa daun papaya dapat mengurangi hydrogen peroksida yang merupakan tanda kerusakan oksidatif.

Pada penelitian Asian Pasific Journal of Tropical Biomedicine pada Juni 2012 mengatakan bahwa teh daun papaya memiliki kandungan asam askorbat yang merupakan salah satu antioksidan.


Antioksidan tersebut disinyalir dapat menangkal radikal bebas yang bisa mengakibatkan kerusakan pada tubuh seseorang.

Namun, selain manfaat, ada juga efek negatif dari daun pepaya. Perlu Anda ketahui, bagi beberapa orang, daun papaya dapat menyebabkan reaksi alergi.Jadi, jika muncul tanda-tanda alergi setelah mengonsumsi daun papaya, maka hentikan penggunaan.

Selain itu, jika Anda menderita kanker atau penyakit berat lainnya, ada baiknya untuk segera menghubungi dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut terhadap penyakit Anda.

Daun papaya mungkin hanya sebagai pengobatan tambahan saja yang aman serta alami untuk kanker serta pencegah radikal bebas.

 


10 manfaat Daun Ekor Naga



Manfaat daun ekor naga sudah lama diakui menangani penyakit. Mungkin saja nama daun ekor naga masih tetap asing untuk Anda, lantaran semasing daerah mempunyai sebutan yang tidak sama pada tanaman herbal ini. Nama ekor nama didapat lantaran bentuk daunnya nyaris mirip ekor ular raksasa atau kerap dimaksud dengan naga.



Daun yang mempunyai nama latin Rhaphidophora pinnata (L. f) Schott ini adalah tanaman herbal yang termasuk juga dalam keluarga Araceae, serta datang dari daerah Himalaya, Australia serta Pasifik. Di daerah Jawa, orang-orang umum menyebutnya dengan nama Jalu mampang serta sulang, Di daerah Bali di kenal dengan nama Samblung, serta di daerah Sunda di kenal dengan nama Lolo munding serta Lolo tali.



Daun ekor naga memiliki kandungan natrium serta kalium hingga seorang yang meminum air rebusan daun ekor naga ini bakal terserang dampaknya yakni kerap buang air kecil.



Daun ini mempunyai tanda-tanda diantaranya juga sebagai tanaman merambat ke atas serta panjangnya dapat meraih sampai 15 m. Daun dari tanaman ini memiliki bentuk bulat panjang, sharing-bagi serta bertoreh, dan ujung daunnya runcing. Batang tanaman ini berupa bulat serta tumbuh memanjang serta melilit, dan mempunyai akar gantung serta akar pelekat.



Mengenai manfaat tanaman ini pada semasing negara berlainan. Di negara Vietnam, tanaman herbal ini digunakan juga sebagai obat batuk, konjungtivitis, serta paralisis. Sedang di negara Singapura, orang-orang memakai daunnya yang di buat juga sebagai teh untuk menyembuhkan kanker serta reumatik.



Untuk orang-orang Indonesia, umumnya kerap memakai tanaman ekor naga ini untuk penyembuhan pada pembengkakan kulit, tumor, nada serak, sakit tenggorokan, serta bisa bersihkan tonjolan-benjolan daging yang tumbuh pada kulit. Daunnya dapat juga bersihkan darah kotor, serta mengobati radang pada kulit.



Penyembuhan bisa dikerjakan lewat cara merebus daun ekor naga serta meminumnya dengan teratur sampai sakit yang dideritanya sembuh.

Nah, nyatanya ada cukup banyak manfaat daun ekor naga untuk kesehatan badan serta obat alami dalam menyembuhkan penyakit. Lantaran di tiap-tiap daerah namanya tidak sama, kurang lebih ditempat Anda apa namanya? —



 11.Daun Rambutan



Manfaat daun rambutan untuk rambut sudah diakui mulai sejak dahulu untuk menghitamkan rambut atau menangani rambut yang beruban, Mengulas tentang uban, uban bakal tumbuh bersamaan dengan menambahnya umur yang makin lanjut. Pergantian dari rambut yang berwarna hitam jadi putih ini berlangsung lantaran ada pergantian warna dari melanin, yakni pigmen dari rambut tersebut. Serta pergantian warna pigmen itu bisa berlangsung lantaran batang rambut kekurangan konsumsi oksigen. Bila konsumsi oksigen yang dihisap lewat pembuluh darah kekurangan, jadi susunan rambut jadi tak prima serta tak sehat hingga punya pengaruh pada melanin (pigmen rambut) serta hal semacam ini bakal menyebabkan tumbuhnya uban.



Permasalahan tumbuhnya uban hingga sekarang ini juga belum ada pemecahannya untuk menghilangkannya dengan cara permanen. Cuma ada beberapa produk pewarna rambut yang cuma dapat menutupi uban sesaat saat, sesaat efeknya malah merangsang tumbuhnya uban yang lain, hingga uban yang tumbuh bakal makin banyak lagi, jadi langkah tersebut sangat tak efisien.



Pada zaman kerajaan, keluarga raja sudah lakukan perawatan pada rambut untuk menghindar tumbuhnya uban lewat cara memakai rambutan, serta nyatanya hal itu dapat dibuktikan khasiatnya hingga dikembangkanlah riset perihal rambutan yang sangatlah bermanfaat untuk kesehatan rambut.



Rambutan adalah tanaman yang datang dari kepulauan Asia Tenggara, serta termasuk juga dalam keluarga Sapindaceae atau suku lerak-lerakan. Rambutan memiliki kandungan polifenol, saponin serta tannin, serta ada hormon dalam daunnya. Hormon serta beberapa zat itu sangatlah ampuh untuk menghidupkan melanin atau warna pigmen rambut yang sudah mati sekalian dapat juga melindungi kesehatan kulit kepala, hingga bisa jadikan rambut tumbuh subur, kuat serta tak gampang rontok.



Daun rambutan berguna juga untuk menghitamkan rambut. Tersebut disini panduan pemakaian daun rambutan untuk menghitamkan rambut :

Ambillah daun rambutan seperlunya, lalu bersihkan bersih.

Tumbuk daun rambutan hingga halus, lantas imbuhkan sedikit air serta peras, ambillah airnya.

Lalu gosokkan air perasan daun rambutan itu pada semua sisi rambut.

Kerjakan hal semacam ini dengan teratur saat sebelum mandi, pasti rambut Anda bakal makin hitam tanpa ada mesti memakai pewarna rambut yang beresiko negative. —



 12.Handaleum



Manfaat daun handeuleum di kenal mempunyai faedah juga sebagai obat wasir (ambeien). Walau demikian sesungguhnya masih tetap ada faedah yang lain dari daun itu. Daun ini dapat di kenal dengan nama daun wungu atau daun ungu di banyak daerah di Indonesia. Tumbuhannya yaitu termasuk juga tanaman liar yang umum tumbuh di pedesaan serta terkadang dipakai juga sebagai tanaman hias. Bakal pas apabila tumbuh pada ketinggian seputar 1. 250 m dpl.



Tanaman itu datang dari Papua atau Polynesia serta termasuk dalam keluarga tanaman Acanthaceae Tumbuhan ini mempunyai tanda-tanda batang yang warnanya ungu, tegak, memiliki ukuran kecil, tinggi dapat meraih 3 mtr.. Bunganya tersusun dalam satu rangkaian tandan warnanya merah tua. Sedang untuk daunnya mempunyai susunan posisi yang sama-sama bertemu.



Kandungan Handeuleum



Tumbuhan ini mempunyai sebagian kandungan seperti :

Steroid

Tanin

Glikosid

Flavonoid

Alkaloid non-toksik

Kalsium oksalat

Saponon

Lemak

Asam Format



Kandungan terebut bikin tanaman ini mempunyai karakter anti inflamasi serta dipakai juga sebagai obat wasir, peluruh kencing, pelembut kulit kaki, obat bisul, melunakkan feses serta pencahar enteng.



Faedah Daun Handeuleum untuk Kesehatan

Seseorang mahasiswa peneliti dari IPB (Institut Pertanian Bogor) bernama Aziz Nuraditya yang disebut anggota peneliti Program Ketrampilan Analisa Kimia, nyatanya terkecuali juga sebagai ambeien daun ini dapat juga dipakai juga sebagai obat diabetes. Menurut hasil riset, didalam badan enzim a-glukoidase bakal menolong memecah rantai polisakarida di ikatan a (1-6) pada tiap-tiap titik percabangan yang tidak dapat dipecahkan dengan enzim amilase. Kesibukan dari enzim itu dapat membuahkan polimer a (1-4) tak bercabang serta 1 glukosa.


Senyawa itu bakal memperlambat sistem pencernaan pati didalam usus halus. Hal semacam itu bikin glukosa dari makanan serta pati bakal masuk aliran darah lebih lambat dan dapat sesuai jadi lebih efisien oleh sensitivitas insulin atau masalah tanggapan. Jika kerja enzim tadi terhalang, jadi sistem konversi karbohidrat jadi zat glukosa bisa ditekan.


Terkecuali hal semacam itu, daun handeuleum juga menaruh faedah yang lain, salah satunya yaitu untuk :

Menyembuhkan sembelit

Mengobati demam disebabkan perut kotor

Menyembuhkan batu empedu

Memperlancar haid

Menyingkirkan bengkak disebabkan terpukul

Memperlancar buang air kecil

Menyembuhkan reumatik —



13.Faedah daun Pecah Beling



Faedah daun pecah beling memang tidak bisa kita ragukan lagi. Walau demikian ternyata masih tetap banyak orang bahkan juga jarang sekali yang mengetahui tanaman yang satu ini. Pecah beling atau yang mempunyai nama lain Keji Beling dengan nama ilmiah Strobilanthes crispus adalah tanaman perdu yang datang dari Madagaskar serta termasuk juga dalam anggota Acanthaceae.



Tumbuhan ini umumnya tumbuh di pedesaan serta jadikan juga sebagai tanaman pagar. Bakal gampang tumbuh apabila ada ditempat terbuka serta di tanah yang subur. Tingginya dapat meraih 2 mtr., batangnya bulat, beruas, bercabang. Akarnya tunggang, mahkota bunga seperti corong warnanya ungu atau kuning. Mempunyai buah berupa gelondong yang diisi biji yang kecil, bulat warnanya coklat.



Kandungan Pecah Beling



Tumbuhan ini mempunyai banyak kandungan yang cukup banyak, sebagian kandungan nutrisi, mineral atau senyawa yang terdapat di dalamnya yakni :

Natrium

Kalsium

Ferum

Kalium

Vitamin B1

Vitamin B2

Vitamin C

Tannin

Fosforus

Glikosida



Kandungan kalium didalam tumbuhan itu dapat mengakibatkan diuretik yang bisa melarutkan batu yang terbentuk dari garam kalsium oksalat dalam kantung kencing, ginjal serta kantung empedu. Lantaran memiliki kandungan asam silikat baiknya pasien gastritis tak disarankan untuk meminum rebusannya.



Manfaat Daun Pecah Beling



Ada cukup banyak manfaat daun pecah beling dalam soal kesehatan serta menyembuhkan penyakit. Sebagian faedahnya diantaranya yaitu untuk :

Menyembuhkan lever (sakit kuning)

Ambeien (wasir)

Maag

Kencing Manis (Diabetes Mellitus)

Diare

Disentri

Batu Ginjal

Sembelit

Leukimia

Turunkan Kolesterol

Gatal lantaran serangga

Untuk langkah mengobatinya, dapat dioles-oleskan bila untuk menangani gatal, meminum air rebusan atau membuatnya juga sebagai lalapan. —

 14.faedah Tapak Liman





Faedah daun tapak liman diakui dapat menangani beragam jenis penyakit serta meningkatkan kesehatan badan. Tumbuhan ini dapat dimaksud dengan Viagra Jawa lantaran memiliki kandungan stigmaterol yang bisa membuat hormon progesterone, memperlancar aliran darah serta tingkatkan gairah pria.



Umumnya tapak liman dipakai untuk penyembuhan lewat cara meminum air hasil dari rebusannya. Hebatnya lagi dari mulai akar, daun serta batangnya dapat menolong menangani penyakit. Sesungguhnya tumbuhan ini dapat jadikan obat mulai sejak lama oleh pakar farmakologi di China.



Kandungan Daun Tapak Liman



Lantas apa sajakah kandungan dari daun tapak liman ini? Nyatanya daun ini mempunyai banyak kandungan senyawa seperti :

Lupeol

Epifieelinol

Tricontan-I-ol

Stiqmasterol

Deocyelaphontopin

Isodeozyelephatopin

Faedah Daun Tapak Liman

Manfaat Tapak Liman



Manfaat Tapak Liman



Tanaman ini memanglah diakui dapat menangani sebagian type penyakit, diantaranya yaitu :



Menyembuhkan Radang



Untuk menyembuhkan radang, langkahnya dengan merebus tanaman tapak liman yang pada awal mulanya dikeringkan, lalu di rebus memakai air. Air hasil rebusan itu disaring lantas diminum.



Kurang darah (anemia)



Untuk mengobati anemia, dapat memakai daun tapak liman yang dicuci hingga bersih. Kemudian ditumbuk sembari ditambahkan air masak. Kocoklah juga sebutir kuning telur yang digabung sesendok madu serta digabung. Kemudian dapat diminum satu hari sekali hingga satu minggu.



Menangani Hepatitis



Langkahnya dengan merebus tumbuhan ini serta meminum air hasil dari rebusan tadi. Hal semacam itu bakal menolong mengobati penyakit hepatitis.

Cacar air



Langkahnya seperti di atas cuma saja waktu merebus digabung dengan kencur atau temulawak, kunyit, asam kawak, serta gula merah. Hal semacam ini bakal menolong mengobati penyakit cacar air.



Menyembuhkan nyeri haid



Potonglah tumbuhan tapak liman kemudian dicuci hingga bersih. Potong juga temulawak, ditambah sesendok teh asam, kunyit, temulawak serta gula merah seperlunya. Rebus seluruhnya bahan tadi memakai 4 gelas air hingga tinggal tersisa 2 gelas. Minumlah ramuan itu 1/2 gelas 3 kali satu hari.



Kurangi keputihan



Cucilah serta potong satu tanaman tapak liman yang fresh, imbuhkan seperempat geggam meniran, ¼ genggam sambiloto, kunyit, temu kunci serta daun sirih 3 lembar. Rebuslah memakai 4 gelas air sampai tersisa 2 gelas. Minumlah 1/2 gelas 3 hari sekali.



Faedah Lainnya



Terkecuali permasalahan kesehatan yang telah dijelaskan tadi, manfaat yang lain ada lagi diantaranya yaitu :



Menyembuhkan amandel

Perut kembung

Beri-beri

Batuk

Gigitan ular

Mempercepat sistem kehamilan —



15.daun katuk



Manfaat daun katuk telah populer mulai sejak dahulu juga sebagai penambah ASI untuk seseorang ibu yang tengah menyusui balitanya. Dengan sayur daun katuk untuk ibu hamil bisa tingkatkan produksi air susu ibu hingga air susu jadi lancar serta buah hati jadi kenyang. Terkecuali untuk asi, daun katuk juga



Manfaat Daun Katuk Untuk ibu menyusui

Manfaat Daun KatukSayur daun katuk banyak diakui bisa membuat lancar serta perbanyak jumlah asi yang dihasilkan oleh seseorang ibu yang tengah menyusui. Diluar itu daun katuk bagus juga untuk ibu yang tengah hamil manfaat menghindar hipertensi serta memperkuat tulang belakang.



Kandungan daun katuk



Pada daun katuk terdapat banyak kandungan gizi/senyawa kimia yang bermanfaat untuk kesehatan manusia, umpamanya : vitamin A, VIt B, vitamin C, protein, fosfor, besi, lemak, serta kalsium.



Kandungan gizi dalam 100gr sayur katuk :



59 kalori energy



6, 4 gr protein



1, 0 gr lemak



1, 5 gr serat



9, 9 gr hidrat arang



1, 7 gr abu



98 mg fosfor



2, 5 mg besi



233 mg kalsium



10020 mcg karoten



164 mg vitamin A, vit B, C.



81 gr air



Manfaat Daun Katuk

Memperlancar sistem pencernaan

Menyembuhkan penyakit kulit dengan menggosokkannya ke ruang kulit.

Menaikkan jumlah sper ma serta tingkatkan semangat padapria

Tingkatkan manfaat otak.

Melindungi kesehatan mata, melindungi imun badan, serta melindungi kesehatan kulit.

Bersihkan jaringan pada badan lalu buang ampas metabolisme, juga sebagai pelindung dari parasit, bakteri serta virus yang ada pada badan manusia.

Bermanfaat dalam sistem pembuatan kolagen yang disebut protein memiliki serat pembentuk jaringan ikat pada tulang, mengangkut electron, mengangkut lemak, serta mengatur kandungan cholesterol.

Sesudah membaca serta tahu perihal artikel manfaat daun katuk, anda juga butuh tau atau siaga perihal dampak dari daun katuk tersebut. Diambil dari wikipedia manfaat daun katuk, dampak itu berlangsung bila mengkonsumsi terlalu berlebih mengakibatkan dampak samping seperti keracunan papaverin.



Tersebut sebagian manfaat daun katuk yang kami kenali dari sebagian majalah yang telah kami baca, juga bersumber dari sebagian cuplikan dari website kesehatan yang kami jumpai di Internet. Mudah-mudahan berguna —

16.Manfaat Daun Jeruk Purut



Manfaat daun jeruk purut diakui dapat menangani aneka type masalah kesehatan. Jeruk purut dengan nama latin Citrus hystrix, sudah di kenal orang-orang mulai sejak zaman dahulu. Buahnya yang memiliki ukuran kecil yang cuma berdiameter 1 – 2 cm ini mempunyai warna hijau tua serta berkerut. Daun jeruk purut umumnya dipakai oleh ibu-ibu rumah tangga juga sebagai pelengkap masakan juga sebagai penyedap aroma masakan. Jeruk purut yang berdaun khas membuat angka 8 serta berwarna hijau tua ini dapat kerap dikatakan sebagai daun jeruk angka 8. Diluar itu, memiliki bentuk juga beragam, ada yang bulat serta ada juga yang lonjong. Pangkal daunnya ada yang tumpul serta bundar, ada juga yang condong meruncing. Panjang daunnya pada 8 cm sampai 15 cm, serta lebarnya sampai 6 cm. Permukaan daunnya halus serta licin.

Kandungan Daun Jeruk Purut

Daun jeruk purut memiliki kandungan steroid triterpenoid, tannin, serta minyak atsiri. Minyak atsiri yang juga dikatakan sebagai Aetheric oil atau Eteris inilah yang jadikan daun ini berbau harum. Disamping itu minyak atsiri yaitu salah satu komponen paling besar dari minyak nabati. Dengan wujudnya yang kental namun bisa dengan gampang menguap pada suhu ruang, jadikan komponen ini gampang juga menyebarkan aroma yang khas hingga minyak atsiri jadikan juga sebagai basic wangi-wangian. Diluar itu minyak atsiri berguna juga untuk kesehatan, diantaranya yaitu juga sebagai antibiotic konvensional pada virus, bakteri, serta jamur, bisa pula jadikan juga sebagai median relaksasi.


Terdapat banyak manfaat yang dapat didapat dari daun ini. Daun jeruk purut bisa digunakan seperti berikut :


Menangani kelelahan setelah bekerja atau setelah sakit berat


Anda dapat mengatasinya lewat cara bikin ramuan dengan merebus daun jeruk purut yang masih tetap fresh dengan tiga liter air. Rebus sampai mendidih serta biarlah mendidih sepanjang 15 menit. Kemudian campur dengan air dingin sampai air itu hangat-hangat kuku. Lalu Anda bisa pakai air itu untuk mandi.


Obat influenza


Untuk menyembuhkan influenza, Anda bisa merebus lebih kurang 25 lembar daun yang sudah dipotong-potong dengan 2 gelas air serta biarlah sampai air tersisa 1/2 gelas. Kemudian minumlah pada saat hangat. —



Most Viewed

WHAT’S HOT